3 Tips Menghadapi Seleksi Panjang LPDP



Beasiswa LPDP kini menjadi beasiswa yang paling banyak diincar oleh "scholarship hunter" karena menawarkan begitu banyak keistimewaan kepada para awardeenya. Beasiswa pendidikan bagi anak Indonesia yang ingin melanjutkan sekolahnya pada jenjang magister dan doktoral sangat dipersilahkan mendaftar beasiswa ini.

Sangat jauh berbeda dengan tahun lalu, persyaratan dan penyelenggaraan seleski beasiswa ini mengalami banyak perubahan. Mulai dari masa pendaftaran, tambahan assessment online dan perubahan pada komposisi pembiayaan. Ulasan mengenai hal tersebut bisa teman-teman download di web resmi LPDP (www.lpdp.kemenkeu.go.id). 
Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP 2017

Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada teman-teman yang berhasil mengupload berkasnya di menit-menit terakhir pendaftaran, semoga beberapa hari kedepan mendapat kabar baik. Jika melihat jadwal seleksi maka hal yang pertama muncul di kepala saya adalah "panjang juga ya proses seleksinya". Untuk durasi seleksi, LPDP nampaknya masih mempertahankan durasi 3 bulan untuk seleksi yaa hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Khusus untuk tulisan kali ini, saya ingin membahas pengalaman dan memberi sedikit tips dalam menghadapi seleksi panjang LPDP. Tanggal 13 april 2016 (3 hari sebelum penutupan pendaftaran), saya mengupload berkas pendaftaran saya dengan lancar tanpa adegan "server down, error dan sebagainya". Jadi tips pertama untuk seleksi ini adalah upload berkas paling lambat 2 hari sebelum pendaftaran.

Jika tahun lalu saya penetapan lulus administrasi jatuh pada tanggal 27 April, maka untuk tahun ini tanggal 17 April. Jadi guys tips kedua adalah perbanyak berdoa dan berbuat baik karena kita tidak pernah tahu doa yang mana yang akan di jabah oleh Allah dan perbuatan baik mana yang akan menolong kita.

Jika telah tiba masa penetapan lulus administrasi, teman-teman akan memperoleh email notifikasi dari LPDP baik itu yang lulus maupun yang tidak. Kurang lebih teman-teman akan memperoleh email seperti ini di bawah ini.

                                        
contoh email notifikasi penetapan seleksi administrasi (dokumentasi pribadi)
Nah jika teman-teman nantinya memperoleh email seperti itu dan ditetapkan lulus seleksi administras dokumen, maka saatnya menyusun perencanaan yang kuat agar bisa bisa sabar dan semangat terus mengikuti proses seleksi.

tips ketiga menghadapi seleksi panjang LPDP (tips ini sangat bersifat tentative dan bisa disesuaikan dengan kondisi teman-teman)

1. Setelah menerima email notifikasi tersebut, maka teman-teman harus mempersiapkan diri untuk seleksi assessment secara online. Untuk seleksi ini, saya pribadi belum memiliki bayangan bagaimana karena CSO LPDP sendiri belum memberi gambaran. Namun pada saat menerima email notifikasi kelulusan akan dilampirkan juga mekanisme seleksi nantinya, jadi teman-teman punya waktu 1-2 hari untuk bersiap-siap. Perlu teman-teman ingat, persiapan sangat menentukan hasil. Kenali diri dan potensi kalian, pertajam rencana studi dan kontribusi kalian untuk bangsa. Jaga-jaga jika materi tersebut masuk dalam seleksi.

2. Setelah seleksi assessment secara online, ada jeda 14 hari sampai pengumuman hasil seleksi. Perbanyak berdoa dan berbuat baik dengan tentu saja memperbaiki kualitas ibadah itu sendiri. Selain itu, bangun kepercayaan diri bahwa kalian akan lulus pada seleksi assessment online tersebut. sembari menunggu teman-teman sudah bisa memulai persiapan seleksi substansi, seperti browsing pengalaman para awardee. Mempelajari tips dan trik dari pengalaman sukses dan gagal para pendaftar, rajin-rajin buka website kampus tujuan untuk terus memotivasi diri dan juga mulai memperhatikan isu isu dalam negeri yang sedang 

 3. Jika teman-teman dinyatakan lulus pada assessmen online, maka saya ucapkan welcome to the real preparation. Selamat datang di seleksi substansi, seleksi ini kemungkinan akan sama dengan seleksi tahun sebelumnya yaitu terdiri dari wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD), dan On the Spot Essay Writing. Untuk menghadapi seleksi ini saya sarankan teman-teman membuat timeline persiapan, seperti di bawah ini.

Contoh timeline persiapan seleksi substansi
Siapkan segala perlengkapan seperti buku catatan/harian untuk mencatat hal-hal penting, baca koran atau menonton televisi, berlatih menulis essai dengan batas waktu tertentu agar kita terbiasa menulis, berlatih wawancara di depan cermin, rekam suara dan pelajari kembali intonasi dan penggunaan kalimat yang tidak baik dan benar, bergabung dalam grup-grup calon awardee dan aktif dalam kegiatan simulasi yang diadakan oleh sesama awardee atau oleh awardee senior, termasuk berkenalan dengan teman kelompok LGD nantinya. Ingat kalian punya waktu 10-30 hari untuk persiapan, tergantung dari kota mana yang akan dilaksakan lebih dahulu oleh tim seleksi.
4. Hari H tiba, saatnya bertempur. Sebaiknya membuat list kegiatan yang memuat hal-hal berikut:
a. Semua dokumen administrasi tersimpan dalam satu tempat dan tidak terpisah-pisah termasuk KTP sebaiknya disatukan jangan disimpan di dompet.
b.  Membawa pulpen, penghapus dan papan alas
c.  Berpakaian rapi dan sopan, memakai sepatu.
d.  Sarapan yang cukup
e.  Datang 20 menit sebelum tes dimulai
f.  Janjian dengan teman kelompok
g. Bismillah, ucapkan saya siap jadi awardee

5. Fuuuh, setelah melewati persiapan dan seleksi yang cukup panjang. Kini saatnya teman-teman menyerahkan semuanya ke Allah SWT. ingat kembali tips kedua, perbanyak berdoa dan bebruat baik. Teman-teman harus bersabar menunggu hingga minimal 10 hari untuk mengetahui hasil seleksi substansi. Semoga teman-teman semua lulus dan dimudahkan jalannya menjadi awardee LPDP, karena ingat menantu idaman adalah awardee LPDP *hehehe bercanda ding. Nah tanggal 19 juni 2017 nanti, semoga teman-teman dapat eail notofikasi yang isinya hampir sama dengan email yang saya peroleh setahun yang lalu.
Email Notifikasi Penetapan Lulus Seleksi Substansi
Kalau sudah dapat email itu, baru lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pemilihan kampus. Tulisan selanjutnya mengenai cara-cara memilih jurusan dan mendaftar di Sekolah Pascasarjana IPB.

Selamat berjuang buat teman-teman, ingat ketiga tips diatas dan semoga Allah memudahkan segala ujian teman-teman. Amin.

Comments

  1. Sangat bermanfaat alhamdulillah dapat banyangan rentetan Sleksi LPDP. Trimkasih Admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama bang. Semoga sukses seleksinya yaa. Biar jadi awardee LPDP

      Delete
  2. Terima kasih banyak untuk infonya, Mbak Rini. Sangat bermanfaat. Moreover, seandainya boleh request artikel khusus test substantif. Semoga ada waktu senggang ya Mbak (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Kalau contoh artikelnya saya tidak punya mas. Karena bentuknya kan essay on the spot. Mungkin kalau seputar tema artikel bisa, perbanyak aja pemahaman mengenai isu terhangat. Oh iya, tips untuk menulis Essai kan nanti diberi tema. Nah sebisa mungkin tulisannya itu dari paragraf pertama sampai akhir selalu dikaitkan dengan temnlanya, never out of topic. Kemudian baiknya buat kerangka esai dlu. Ini bisa dilatih kok sebelum tes juga.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Super Mudah Memperbaiki Product Activation Failed pada Microsoft Office 2016

Kenali 4 Fitnah dalam Surah Al-Kahfi

Fakta Karyawan ISP (Internet Service Provider )