Mini Dairy: Minggu Ketiga

Kalender Mini Aktivitas Rini Selama September 2016

Tulisan ini hanya berupa mini diary, jadi jangan dianggap serius dan jika bermanfaat silahkan diambil jika tidak semoga kedepannya bisa lebih bermanfaat.

Setiap dari kita sudah diberikan waktu oleh Allah subhana wa ta'ala selama 24 jam x 7 hari. Cara memanfaatkannya tergantung dari kita bagaimana, apakah diisi dengan hal yang bermanfaat atau hanya dibiarkan begitu saja. 24 jam x  7 hari itu menjadi tiket emas bagi mereka yang memanfaatkannya untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dan memperbanyak amal. 24 jam x 7 hari juga bisa menjadi sebuah lintasan waktu yang tak bernyawa jika hanya dilewatkan dengan rutinitas yang begitu-begitu saja, alias tidak bermanfaat.

Malam ini yang merupakan penghujung akhir minggu ketiga September 2016 banyak hal ingin saya bagi dan ceritakan. Tujuh hari yang panjang dan penuh cerita yang sayang jika hanya akan menjadi memori jangka pendek di otak dan akhirnya sama-samar akan hilang. Melalui blog ini, setidaknya cerita ini akan tersimpan rapi dan jika ada yang membacanya semoga saja memberi manfaat minimal menghibur.

Senin, 19 September 2016

Hari ini merupakan kuliah perdana bagi mata kuliah "Analisis Sistem dan Pemodelan Dinamika Ekosistem Pesisir dan Laut" yang dibawakan oleh Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc (Pak Dekan). Pada kuliah ini beliau lebih banyak memberikan pengantar dan review singkat mengenai mata kuliah ini. Saya akan banyak bercerita mengenai beliau yang merupakan orang nomor  di FPIK IPB, sebagai dosen cara mengajar beliau cukup interaktif dan seolah menekankan bahwa "otak kamu harus sudah siap sebelum mata kuliah ini dimulai" (Hehehe .. itu my personal opinion ya). Sebagai Dekan, beliau sangat cekatan, pembawaan yang santai serta sangat suka bercanda. Beliau juga seorang sistem analisis, jadi tidak heran jika mereka beliau mengajar mengenai sistem pemodelan maka penjelasannya terasa sangat runut dan lugas. Kemudian selanjutnya, mata kuliah kedua "Ekologi Sistem dan Konservasi Pesisir dan Laut" yang dibawakan oleh Dr. Ir. Ario Damar, M.Si. Pada mata kuliah perdana, beliau juga lebih banyak mereview mengenai dasar-dasar ekologi dan membandingkan ekologi pesisir tropis dengan pesisir subtropis. Pak Ario memiliki gaya mengajar yang sedikit berbeda dengan pak Luky, Pak Ario lebih cenderung memancing mahasiswa untuk aktif daam kuiah dengan menggunakan metode bertanya satu per satu. Jika tidak memiliki pemahaman ekologi meski hanya sedikit maka akan terdiam jika ditanya oleh pak Ario.

Perpustakaan IPB yang buka hingga jam 21.00 WIB

Selasa, 20 september 2016

Hari ini merupakan Free Time bagi saya yang Alhamdulillah tidak memprogram mata kuliah Bahasa Inggris, dikarenakan hasil Placement Test saya dinyatakan lulus dengan nilai AB. Hari ini saya gunakan untuk ke perpustakaan IPB dan mendwonload jurnal-jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian saya nantinya. Satu hal yag membuat saya kagum terhadap IPB bahwa akses mahasiswa untuk mendowload jurnal-jurnal terutama jurnal internasional itu sangat mudah karena memang IPB sudah berlangganan dengan Provider Jurnal-Jurnal. Cukup menggunakan ID IPB dan meminta akses ke Perpustakaan maka jurnal-jurnal yang diinginkan bisa didwonload gratis, seperti jurnal di Scopus, Proquest, Science Direct dan sebagainya.

Setelah selesai mendownload jurnal, jam menunjukkan pukul 16.00 WIB saatnya berenang. Sebelum melanjutkan studi, saya sudah berjanji akan rajin latihan berenang 2x seminggu hinga akhirnya bisa mendapatkan Diving License hahahah makanya jadwalnya sepadat apapun akan diusahakan. Kolam renang yang menjadi langganan saya adalah kolam Tirta Kencana ditempuh selama 10 menit jalan kaki dari kampus IPB, cukup membayar Rp. 10.000 sudah bisa berenang *harganya 3x lipat lebih mahal dari harga tiket kolam UNHAS aaah jadi rindu kampus merah itu.

Kolam Andalan Gue *hahaahah
Rabu, 21 september 2016

Hari ini merupakan statistik day yeeee hahahha. Mata kuliah Analisis Statistik yang wajib di program di semester 1 dan memiliki praktikum yang diselenggarakan secara terpisa serta dibawakan oleh pak Dr. Ir. Rahmat Kurnia, M.Si. Beliau jika engajar statistik enak banget deh gampang dipahami meskipun yang dijelaskan rumus tapi pikiran nggak ngambang karena beliau mejelaskan cukup jelas dan pake aksen jawa gitu jadi halus halus gimana gitu. karena ini pertemua ke dua jadi beliau masih mereview materi materi pengantar.

Salah satu referensi buku statistik yang enak dibaca

Kamis, 22 September 2016

Kamis is a full day, karena dari pagi sampai sore kuliah terus. Dimulai dari mata kuliah "Metodologi Penelitian Sumberdaya Pesisir dan Lautan" oleh Prof. Dr. Ir. Kadarwan Soewardi dan merupakan kuliah perdana, beliau masih memberikan pengantar-pengantar pengantar awal tentang metodologi penelitian. Kemudian dilanjutkan oleh Praktikum Analisis Statistik, berbeda dengan S1, praktikum ini kita dilatih untuk menyelesaikan soal-soal statitik dengan cara manual dan dipandu oleh asisten mata kuliah. Saat orang lain lebih memilih belajar statistik menggunakan software, praktikum ini ingin menjadi praktikum fundamentalis alias praktikum statistik didesain agar kami lebih mengerti proses atau tahapan dalam mencari jawaban/pemecahan soal statistik. hehehe meskipun pada ujung-ujungnya nanti tetap menggunakan software. Lanjut ke mata kuliah "Analisis Sistem dan Pemodelan Dinamika Ekosistem Pesisir dan Laut" pertemuan ke-2 dengan materi Konsep Dasar Analisis Sistem dan Simulasi.

Jumat, 23 September 2016

Sama seperti hari selasa, Jumat juga merupakan free day alias bebas kuliah dan disepakati oleh satu kelas nggak menerima mata kuliah pada hari ini hahahhaha. Hari ini diisi dengan kegiatan masak-masak di kosan dan rapat untuk acara Reuni Alumni SPL IPB yang diamanahkan kepada Forum Wacana (FORCA) SPL, kebetulan sama kak Bibin diberi amanah jadi sekretari kegiatan. Jadilah kami rapat selama 2 jam, membahas konsep acara apa yang akan diajukan ke PK-SPL sebagai penyelanggara utama. Reuni SPL ini juga dirangkaiakan dengan Internasional Conference on Integrated Coastal Management and Marine Biotechnology. Jadi, siapa tahu diantara teman-teman ada yang ingin ikut dan meyertakan papernya dipersilahkan untuk mendaftar.

Poster Kegiatan International COnference on ICM and Marie Biotechnology

Sabtu, 24 September 2016

It was Saturday and Gathering BAPER LPDP was started. Gathering ini dilaksanakan oleh LPDP IPB di Situ Gede untuk mengumpulkan dan mempertemukan seluruh awardee LPDP IPB mulai dari angakatan 2013-2016 sekaligus juga menjadi welcoming party bagi awardee 2016. Acaranya asyik dan fun banget, mulai dari makan bersama, games-games yang seru dan acara tukar kado. Acara ini menurut saya sukses menghibur diri dan melepaskan dari rutinitas kuliah yag sedikit melelahkan dan memperkuat tali silaturahmu serta koneksi diantara pada awardee. Salut kepada BPH LPDP IPB serta panitian Gathering yang sukses bikin BAPER. hehehe.

         
Foto Bareng Awardee LPDP IPB (1) Ceww-Cewek Tangguh Tim Hitam (2) dan Kado dari Secret Awardee yang sukses bikin BAPER (3)

Minggu, 25 September 2016

Hari terakhir di minggu ke-3 ini, waaaahh tidak terasa yaaa. Tapi meski weekend pokoknya harus tetap produktif!!!
Hari ini saya ikut Jelas Intensif Jurnal yang diadakan oleh Bogor Science Club (BSC) IPB dan karena topik penelitian nantinya adalah ketenikan jadinya milih ikut di kelas Teknik. Pematerinya adalah Pak Ono Suparno yang merupakan salah satu dosen IPB dan memiliki banyak jurnal internasional yang telah terindeks Scopus (entar deh saya cerita bagaiaman IPB memandang penting jurnal itu terlebih jurnal yang terindeks Scopus *sabar ya). Di dalam kela sini kami diajarkan mengenai cara menyusun jurnal yang baik dan langkah-langkah serta trik agar jurnalnya di terima, mengingat salah satu syarat mendapat gelar Magister dari kamus ini adalah publikasi jurnal dan IPB tidak main-main dengan yang namanya publikasi jurnal.

Pulang dari sana eh di lapangan ternyata sedang berlangsung PASCA CUP diselanggarkan oleh Forum Wacana (FORCA) IPB *semacam BEM tingkat S2 gitu hehe. Menyempatkan diri menonton dan berselfie sejenak di photo boothnya, meski nggak iktu tanding tapi jadi penonton juga nggak akan rugi. hahah. selamat buat yang menang. Sorenya ya latihan berenang lagi. Pokoknya berenang terus sampai bisa menjawab pertanyaan "Bisa renang nggak?"

   

Selfie tidak wajib tapi kadang penting *hahahah (1) Lomba lari Bakia pesertanya para anak peternakan (2) *entah siapa yang menang

Tidak terasa satu minggu telah dilalui, begitu banyak hal yan telah dialami. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa petik dari setiap persitiwa yang terjadi dalam hidup, entah itu perostiwa besar maupu kecil kita harus tetap bisa mengambil pejaran darinya. Selagi masih muda, aktif dan tetap berkegiatan positif untuk mengembangkan diri dan potensi. Tidak lupa perbanyak ibadah dan amal-amal yang bisa mengangkat derajat kita di sisi Allah subhana wa ta'ala.

Dan akhirnya, mini diari ini saya akhirkan. hehehhe

Ditulis sambil maskeran *apa hubungannya??. SEKIAN. Salam Sukses.

Comments

  1. Mbak placement test ipb lebihbsulit atau lebih mudah dari test toefl itp.? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Placement test IPB kemarin itu seperti TOEFL prediksi. Jika dibandingkan dengan ITP masih lebih mudah mas.

      Delete
  2. Alhamdulilah. Toefl itp saya terakhir 497. Semoga bisa lewat 500 di placement test ipb

    ReplyDelete
  3. Mbak jurusa apa? Saya baru mau daftar ipb. Nunggu pengumuman. Boleh minta no wa? Wa saya di 082183262000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mas. Nanti sya wa dluan ya. Saya jurusan pengelolaan sd. Pesisir dan lautan.

      Delete
    2. Wah mantap, saya mendaftar doktoral ekonomi sumberdaya kelautan tropika, namun karena terkendala akreditasi kampus sebelumnya sehingga saya harus mengulang s2 di major yg sama. Semoga berjumpa di bogor. Wass

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Super Mudah Memperbaiki Product Activation Failed pada Microsoft Office 2016

Generasi Mama Muda

Kenali 4 Fitnah dalam Surah Al-Kahfi